Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ceramah Ustaz Sofyan Chalid Kembali Bikin Geger | Tuban TIMES

Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ceramah Ustaz Sofyan Chalid Kembali Bikin Geger

Sep 13, 2021 15:47
Ustaz Sofyan Chalid (Foto: YouTube)
Ustaz Sofyan Chalid (Foto: YouTube)

JATIMTIMES - Video Ustaz Sofyan Chalid menyebut wisata ke Candi Borobudur sebagai tindakan haram viral di media sosial, Senin (13/9/2021). Ustaz Sofyan menyebut ke Candi Borobudur sama halnya dengan persetujuan terhadap peribadatan yang dilakukan oleh penganut agama yang di tempat tersebut.

Dalam video yang beredar dengan durasi 1 menit itu, terlihat Ustaz Sofyan yang memakai kopiah dan baju koko berwarna putih. Video yang ramai beredar ini tayang pada 3 September 2018 lalu, salah satu pengunggahnya akun YouTube 
Bismillah Everything. 

Baca Juga : Yellow Clinic, DPD Golkar Ngawi Vaksinasi 1.000 Orang

Di video itu Sofyan tampak membaca secarik kertas yang berisi pertanyaan, 'Apa hukumnya wisata ke tempat ibadah orang kafir contohnya Candi Borobudur?'.

"Hukumnya haram, karena itu termasuk persetujuan terhadap peribadahan mereka makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka kamu seperti mereka," jawab Sofyan dalam video itu. 

Sofyan kemudian menegaskan kehadiran umat Islam dalam Candi Borobudur itu merupakan bentuk persetujuan. Meskipun dalam hati menolak atau tidak setuju dengan keberadaan kaum kafir.

"Hadirnya kita di situ artinya persetujuan terhadap dia, kalau kita hadir di tempat peribadahan orang kafir sama saja berarti setuju dengan mereka walaupun hati kita nggak setuju tapi kehadiran kita adalah persetujuan itu sendiri. Kita nggak boleh hadir ke situ kecuali untuk satu tujuan, mau membubarkan orang yang beribadah selain kepada Allah," tegasnya. 

Tak ayal, video itu pun langsung menuai beragam reaksi warganet. Banyak warganet yang tidak setuju dengan pendapat Ustaz Sofyan tersebut.

"Islam itu toleran dl ada banser yg rela mati demi umat nasrani yg sedang menjalankan ibadah hayo tat itu hukumnya apa....wes to damai itu indah," tulis akun Tommy Y.

"Aku bangga ada Borobudur.... Hebat nian karya nenek moyangku, hingga kini banyak manusia memperoleh Rizki dari keberadaan nya, Semoga amal ibadahnya diterima disisiNya," tulis akun Lohjinawi MTsN 2 PWR.

Sosok Ustaz Sofyan

Memiliki nama panjang Sofyan Chalid bin Idham Ruray, Ustaz Sofyan merupakan da'i yang aktif berdakwah di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Ia lahir di Manado pada 28 September 1980. 

Ia menempuh pendidikan yakni Sekolah Dasar Negeri XIX Manado (1992), SLTP Muhammadiyyah 1 Manado (1995), SMU Muhammadiyyah 1 Manado (1998), Program I’dad Lughawi dan Takmili Makassar (2004), Pondok Pesantren Al-Madrasah As-Salafiyyah Depok (2008), Mulazamah Masyaikh di Masjid Nabawi Madinah, KSA (2009), dan Mulazamah Masyaikh di Masjid Al-Muqbil dan Jaami’ Buraydah Al-Qosim, KSA (2010). 

Ustaz Sofyan diketahui mengikuti beberapa majelis ulama diantara: 

1. Asy-Syaikh Abdullah Al-Qor’awi hafizhahullah (Imam dan Khatib Jaami’ Buraydah, KSA):
Menghapal Kitab Tsalatsatul Ushul dan Menyimak Kitab-kitab lainnya.
2. Asy-Syaikh Ahmad Al-Khudairi hafizhahullah (Imam Masjid Al-Muqbil Buraydah dan Da’i Kementrian Agama Saudi):
- Fathul Majid
- Qurrotu ‘Uyunil Muwahhidin
- Kitabut Tauhid
- Iqtidho’ Shirotil Mustaqim
- Zaadul Mustaqni’
- Taysirul ‘Allaam Syarhu ‘Umdatil Ahkam
- Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah
Dan lain-lain.

Tak hanya sebagai da'i, Ustaz Sofyan juga memiliki pengalaman sebagai pengajar. Ia pernah menjadi pengajar di:

Baca Juga : Dituding Lakukan Hubungan Seks Menyimpang, Ayah Taqy Malik: Nggak Enak Diberitakan Seperti Itu

- Pengajar Majelis Ta’lim Forum Studi dan Dakwah Islam Manado (2005)
- Pengajar Majelis Ta’lim As-Sunnah Ternate (2006)
- Pengajar Al-Madrasah As-Salafiyyah Depok (2014)
- Pimpinan Ma’had Imam Syafi’i Jakarta (2017)

Ia juga merupakan penulis buku, berikut beberapa karya tulis dari Ustaz Sofyan: 

- Pembahasan Penting Seputar Zakat Syaikh Bin Baz rahimahullah (Buku Terjemahan)
- Salafi, Antara Tuduhan dan Kenyataan (Buku)
- Tauhid, Pilar Utama Membangun Negeri (Buku)
- Madrasah Ramadhan (Buku)
- Karena Wanita Harus Dinasihati (E Book)
- Peringatan dari Bahaya Syirik (Artikel)
- Cara Mudah Memahami Fiqh Haji (Artikel)
- Cara Mudah Memahami Fiqh Umroh (Artikel)
-  Tuntunan Islam dalam Menasihati Penguasa (Artikel)
- Syarat Diterimanya Ibadah (Artikel)
- Dan lain-lain, lebih dari 100 artikel.

Ceramah Ustaz Sofyan jadi kontroversi sebut profesi penyanyi haram

Sebut profesi penyanyi Sebelum soal wisata ke Borobudur disebut haram, Ustaz Sofyan juga sempat membuat geger karena menyebut profesi sebagai penyanyi adalah haram. Kutipan kajian singkat 1 menit itu diunggah oleh grup Facebook Kajian Sunnah pada tahun 2019 lalu. 

Video lama ini kemudian kembali menjadi perbincangan di media sosial Twitter salah satunya diunggah oleh akun Twitter @Silalahilngan. Pada kajiannya, Ustaz Sofyan menuturkan bahwa pada zaman sahabat nabi para penyanyi dihukum begitu pula yang menyanyi.

"Dulu para penyanyi dimasa sahabat dihukum dan yang menyanyi dimasa sahabat dulu begitu pula masa Tabi'in dan Tabi'ut tabi'in yang menyanyi adalah budak," tuturnya.

Kemudian, ia juga menyebut pada masa tabi'in dan Tabi'ut tabi'in mereka yang menyanyi tergolong budak atau orang rendahan. Apabila seseorang diketahui berprofesi sebagai seorang penyanyi, maka harga orang tersebut menjadi murah di pasar budak.

Ustaz Sofyan juga menambahkan bahwa hukum menyanyi adalah haram. Tak cuma itu, bahkan hasil dari menyanyi pun hukumnya haram.

"Haram hukumnya hasil dari menyanyi, sepakat seluruh ulama tidak ada perbedaan pendapat," pungkasnya dalam video.

Tak ayal, video itu pun langsung mengundang berbagai reaksi dari warganet. Sebagian warganet menyampaikan ketidaksetujuannya, namun sebagian lagi tidak sepakat dengan isi ceramah tersebut.

Topik
ustaz sofyan khalid Candi Borobudur wisata ke borobudur ustaz sofyan chalid

Berita Lainnya