Subsidi Kuota Internet Pelajar Diperpanjang, Begini Rincian Lengkapnya | Tuban TIMES

Subsidi Kuota Internet Pelajar Diperpanjang, Begini Rincian Lengkapnya

Jul 18, 2021 12:29
Ilustrasi kuota internet (Ist)
Ilustrasi kuota internet (Ist)

MALANGTIMES - Pemerintah bakal kembali memberikan subsidi kuota bagi para pelajar maupun tenaga pendidik hingga Desember 2021. Untuk itu, pemerintah menambah anggaran subsidi bantuan kuota internet. 

Dilansir dari berbagai sumber, dijelaskan jika alokasi anggaran tambahan sebesar Rp 5,54 triliun. Dana tersebut akan diberikan berupa kuota internet kepada 38,1 juta penerima, baik siswa maupun tenaga pendidik.

Baca Juga : 3 Tips WiFi Lancar di Smartphone, Cobain Deh

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan memperpanjang subsidi kuota internet bagi siswa dan tenaga pendidik hingga Desember 2021. Seperti diketahui, pemberian subsidi ini selesai pada Mei 2021 lalu.

Dia menerangkan, akan mengalokasikan anggaran tambahan Rp 5,54 triliun bagi 38,1 juta penerima yang terdiri dari siswa, orang tua siswa, dan tenaga pendidik.

"Yang sudah dialokasikan sebelumnya sebesar Rp 3 triliun. Kami alokasikan (tambahan) Rp 5,54 triliun untuk cover sampai Desember (2021), sehingga totalnya menjadi Rp 8,53 triliun," paparnya.

Untuk teknis lebih lanjut dalam program bantuan kuota itu, dirinya menjelaskan akan segera berkoordinasi dengan pihak kementerian atau lembaga terkait. Seperti Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama, karena menyangkut juga pesantren maupun sekolah-sekolah keagamaan 

"Karena ini juga menyangkut semua sekolah termasuk sekolah keagamaan, madrasah, pesantren, ada 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik," katanya.

Sementara itu, dalam target penerima subsidi kuota tersebut mencakup empat sektor yakni, Pendidikan Anak Usia Dini sebesar 20GB per orang, kemudian siswa dengan 35GB per orang. Lalu, mahasiswa mendapatkan 50GB per orang dan kemudian guru atau dosen sebesar 42 GB per orang. 

Baca Juga : Vaksinasi Kewilayahan di Kota Malang Mengacu pada Ketersediaan Vaksin

Seperti diketahui sebelumnya, jika pelajar dan tenaga pengajar di Indonesia sempat mendapatkan bantuan subsidi kuota internet belajar yang diberikan pemerintah. Subsidi kuota itu diberikan pada periode Maret - Mei 2021.

Adapun berdasarkan data verifikasi dan validasi nomor ponsel Kemendikbud per November 2020 lalu, jumlah peserta didik penerima bantuan subsidi kuota mencapai 34.085.658 peserta didik. Akan tetapi, program subsidi tersebut berhenti  pada Juni 2021 seiring mencuat wacana untuk kembali digelarnya Pembelajaran Tatap Muka pada Juli 2021.

Namun karena perkembangan kasus Covid 19 lambelu naik, terlebih lagi dengan munculnya varian baru, hal itu berimbas adanya penerapan PPKM Darurat. Proses pembelajaran yang sebelumnya direncanakan PTM kini kembali dilakukan daring.

Topik
subsidi kuota subsidi kuota belajar Sri Mulyani Indrawati Kuota internet

Berita Lainnya