Merasa Work-Life Belum Balance? Berikut Tips yang Dapat Membantu Kalian Lebih Nyaman | Tuban TIMES

Merasa Work-Life Belum Balance? Berikut Tips yang Dapat Membantu Kalian Lebih Nyaman

May 03, 2021 15:52
Ilustrasi Seorang Sedang Membuat Jadwal Kegiatan (Sumber : Pixabay)
Ilustrasi Seorang Sedang Membuat Jadwal Kegiatan (Sumber : Pixabay)

INDONESIATIMES - Terkadang, dalam menjalani kehidupan ini kita pernah merasa bahwa antara pekerjaan dan kehidupan pribadi selalu tak seimbang. Bahkan, tak sedikit diantara kita yang memilih pekerjaan di hari libur untuk mencapai target pekerjaan yang perlu dicapai. 

Itu sebabnya, sebagian dari kita mungkin memerlukan work-life balance agar pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat dijalankan dengan baik, tanpa mengambil waktu lebih diantara keduanya. Lantas, ada yang tahu nggak sih apa itu work-life balance?

Baca Juga : Quba, Masjid Pertama yang Didirikan Rasulullah Semasa Hijrah di Atas Kebun Kurma

Work-life balance merupakan suatu keadaan yang mana kita dapat membagi antara pekerjaan dan kehidupan dengan baik, dan keduanya dapat terlaksana dengan baik dan sesuai. Dengan kita dapat menyeimbangkan antara keduanya akan membuat kesehatan kita juga terjaga yang mana sangat berguna bagi produktivitas kita sehari-hari. 

Buat yang masih susah untuk menyeimbangkan itu, berikut beberapa tips untuk menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan.

1. Buat Jadwal Kegiatan Sehari-hari

Untuk menyeimbangkan waktu kita untuk bekerja dan kehidupan pribadi, maka kita dimulai dengan membuat jadwal kegiatan kita. Mungkin bagi kalian hal ini terlihat sepele, namun ternyata dengan membuat jadwal dapat sangat membantu kita dalam menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi kita.

Seperti jika kita ingin keluar dengan teman atau keluarga, kita dapat menempatkannya di hari yang mana kita tidak sedang bekerja atau saat anda tidak sedang ingin beristirahat. Hal tersebut juga sangatlah baik untuk kesehatan kita. Maka dari itu jangan lupa untuk membuat jadwal kalian sendiri ya!!

2. Jangan Buang Waktu Kalian dengan Percuma

Terkadang, banyak dari kita yang masih menggunakan waktu mereka untuk hal-hal yang sebaiknya tidak perlu mereka lakukan. Untuk memperoleh work-life balance kalian, maka lakukan beberapa hal ini :

  • Datanglah tepat waktu saat bekerja atau sedang bertemu dengan orang
  • Kerjakan pekerjaanmu dan segera selesaikan
  • Jangan membuka social media jika kamu masih memiliki pekerjaan

Jika kalian mengikuti 3 hal tersebut, maka secara perlahan hidup kalian akan berubah dan kalian dapat memperoleh work-life balance kalian.

3. Luangkan Waktu Untuk Beribadah

Ketika kita sudah disibukan dengan pekerjaan dan kehidupan duniawi, banyak dari kita yang melupakan bahwa ada Tuhan yang telah memberikan kehidupan yang baik untuk kalian. Maka dari itu, luangkan waktu kalian untuk beribadah yang mana hal tersebut juga dapat membantu kita dalam menyeimbangkan hidup kita. Sekali lagi jangan lupa beribadah ya teman-teman

4. Jangan Lupa Untuk Berolahraga

Baca Juga : Hanya Berkekuatan 34 Ribu Tentara, Islam Ottoman Taklukkan 740 Ribu Pasukan Rusia

Bagi kebanyakan orang yang memiliki jadwal yang padat, akan sulit meluangkan waktu mereka untuk berolahraga. Padahal banyak sekali manfaat dari berolahraga seperti membuat tubuh kita menjadi lebih fit dan kita dapat lebih fokus pada saat bekerja.

Maka dari itu cobalah meluangkan waktu kalian minimal 30 menit dalam sehari untuk berolahraga untuk menambah semangat kita dalam menjalani hari.

5. Konsumsi Makanan yang Bergizi dan Sehat

Kesibukan pekerjaan terkadang membuat kita akan memakan sembarang makanan. Karena tidak memiliki waktu untuk memilih makanan mana yang sehat bagi tubuh kita, padahal makanan yang sehat akan membantu kita untuk menjadi lebih produktif. Hal tersebut tentu sangatlah membantu kita dalam menjalani kehidupan kita tanpa terganggu jika kita akan jatuh sakit.

6. Luangkan Waktu Kalian Untuk Bersosialisasi dengan Teman Kalian

Pertemanan sangatlah membantu kita dalam menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, baik pertemanan dalam lingkup pekerjaan atau diluar pekerjaan sekalipun. Karena dengan adanya obrolan ringan dengan teman kita akan membuat tingkat produktivitas kita meningkat. Jadi jangan lupa untuk sekedar mengobrol ringan dengan teman kalian.

7. Jangan Lupa Rileksasi kan Diri Kalian

Terkadang, banyak dari kita akan lebih memilih untuk menyelesaikan pekerjaan kita atau memilih untuk bertemu dengan teman-teman, walaupun tubuh kalian sudah lelah. Padahal kita sendiri memerlukan waktu untuk merilekskan tubuh kita paling tidak 10 – 15 menit agar kita dapat lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Demikian beberapa tips yang dapat saya berikan untuk Work-Life Balance semoga dapat membantu kalian semua atau kalian memiliki cara yang berbeda dengan kita? Apapun caranya jangan lupa untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi kita ya!!

Topik
work life balance Jadwal kegiatan tips hidup seimbang

Berita Lainnya