Seleksi CPNS (Foto: Pikiran rakyat)
Seleksi CPNS (Foto: Pikiran rakyat)

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 kabarnya akan segera dibuka. Tentunya informasi ini berhasil menyedot perhatian publik, terlebih bagi mereka yang berminat untuk menjadi aparatur negara.  

Diinformasikan jika pemerintah akan kembali melakukan proses seleksi penerimaan CPNS yang dilaksanakan tahun depan.  

Baca Juga : Bendungan Gongseng Hampir Selesai, Setahun Petani di Bojonegoro Bisa Tiga Kali Tanam

Informasi itu lantas dibenarkan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Andi Rahadian

"InsyaAllah, akan ada pengadaan CPNS formasi tahun 2021," ujar Andi.  

Andi juga menginformasikan jika saat ini pemerintah masih disibukkan menyelesaikan tahap seleksi CPNS 2019 lalu yang akan diumumkan pada 30 Oktober 2020 mendatang.  

Namun, pria yang juga menjabat sebagai jubir Kemenpan RB ini juga mengatakan jika pemerintah akan mengusahakan pengumuman seleksi CPNS 2021 dilaksanakan secepatnya.  

"Saat ini kami sedang memastikan waktu atau bulan yang tepat untuk mengumumkan. Namun, diusahakan secepatnya," tutur dia.

Baca Juga : Pengesahan Ditunda, Dewan Minta Ada Perbaikan Draft Ranperda Retribusi Jasa Usaha

Sementara untuk jumlah formasi yang dibuka pada seleksi CPNS 2021, ia memperkirakan akan lebih banyak dibanding CPNS 2019.  

"Untuk jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," ujarnya.

Hal itu lantaran pada tahun 2020 tidak ada rekrutmen CPNS. Sehingga jumlah kebutuhan formasi akan diakumulasikan di formasi tahun 2021.