Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Menjalankan berbagai amalan yang diwariskan oleh Rasulullah SAW memang terkadang tidak mudah. Namun, Allah SWT telah menjanjikan kenikmatan bagi siapapun yang melaksanakan ibadah dengan penuh keikhlasan sebagaimana yang telah diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW.

Beberapa amalan baik itu bahkan akan menjadikan seorang muslim memiliki kedudukan yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW pun telah memberitahukan kepada umat muslim untuk menjalankan tiga amalan jika memang ingin mendapatkan kedudukan yang baik di sisi Allah SWT.

Baca Juga : Mati Syahid di Medan Perang dan di Atas Ranjang, Ini Perbedaan Kondisi Dua Sahabat Rasulullah

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian menyampaikan, sebuah riwayat menjelaskan seorang sahabat bernama Uqba bin Amir pernah mendatangi Rasulullah SAW. Sembari memegang tangan Rasulullah SAW, Uqba bin Amir pun bertanya apa amalan yang paling utama kedudukan dalam Islam dan jarang dilakukan oleh orang-orang. Maka Rasulullah SAW memesankan tiga poin.

Pertama adalah menyambung silaturahim kepada orang yang memutus hubungan kepadamu. Poin pertama ini mengajarkan agar umat muslim senantiasa menjaga hubungan baik dengan muslim lainnya. Sehingga terus tercipta keharmonisan.

Kemudian poin ke dua adalah memberi sedekah kepada orang yang kikir kepadamu. Rasulullah SAW mengajarkan agar umatnya senantiasa berbagi. Karena bersedekah menjadi salah satu kunci dari segala kebaikan. Bahkan, Rasulullah SAW pernah menyampaikan jika dengan bersedekah, seseorang akan dapat sembuh dari segala jenis penyakit.

Pesan Rasulullah SAW yang ke tiga adalah memaafkan orang yang telah menzolimi dirimu. Dalam berbagai riwayat, Rasulullah SAW telah mencontohkan pesan untuk saling memaafkan, bahkan kepada orang-orang yang telah menyakitinya.

Meskipun terbilang sangat sulit dikerjakan, namun Rasulullah SAW tak sedikitpun membalas keburukan yang pernah dilakukan orang-orang yang zolim kepadanya. Saat awal masa perjuangan menyebarkan syiar Islam, Rasulullah SAW banyak mendapatkan cacian dan disakiti. Namun Rasulullah SAW selalu memaafkan.

Baca Juga : Kemuliaan Istri saat Ia Mengikuti Anjuran Rasulullah SAW, Begitu juga Suami

Bahkan Rasulullah SAW selalu berpesan kepada para sahabat untuk tidak menyakiti musuh yang menyerah saat berada di medan perang. Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada sahabatnya untuk berperilaku baik kepada orang kafir yang menjadi tawanan dalam setiap peperangan yang berhasil dimenangkan. Sehingga, tak sedikit orang kafir yang kemudian memeluk Islam lantaran ajaran Rasulullah SAW tersebut.

Ustadz Kahlid menyebut, ketiga amalan tersebut merupakan amalan yang sangat mulia dan berkaitan langsung dengan hubungan yang dijalin antaran manusia dengan Allah SWT. Ketiga amalan yang cukup berat dilaksanakan itupun diwariskan sebagai salah satu jalan bagi umat muslim agar kedudukan mereka baik di hadapan Allah SWT.